Pages

Minggu, 06 Februari 2011

Purwanto SP.,S.Sos,SH,MSi,MPar

Purwanto Sumarto Putro bersama beberapa teman yang berkecimpung di dunia kepariwisataan di Yogyakarta, mendirikan Yayasan Dharma Nusantara Sakti sebagai wadah dari sebuah perguruan tinggi berjenjang Diploma III,  yang dinamakan Akademi Pariwisata Dharma Nusantara Sakti, disingkat AKPARDA. 
Beliau adalah orang yang ulet dan berdedikasi tinggi  dalam mendharma baktikan diri di dunia industri pariwisata. Tuntutan dasar sebagai sarana utama dalam mengembangkan industri pariwisata adalah pada penyediaan sumber daya manusia, yang mana kebutuhan sarana ini telah  menggerakkannya untuk secara penuh mengabdi pada dunia pendidikan pariwisata ini. 


Kiprahnya dalam pendidikan pariwisata telah dimulai sejak mahasiswa fakultas hukum Universitas Gadjah Mada, membantu ayahandanya, Drs. Soekirdjo  yang mendirikan Akademi Kepariwisataan Indonesia (AKI) dengan jabatan "tukang ketik" yang mana sampai tugas terakhir sebagai Pembantu Direktur III pada Politeknik API , status baru Akademi Kepariwisataan Indonesia, setelah berganti nama menjadi Akademi Pariwisata Indonesia (API).


Beberapa kegiatan lainnya baik yang didirikannya sendiri maupun bersama kawan-kawannya adalah SMIP Trisula I Depok, Balai Pendidikan Pariwisata TRISULA, Yayasan Padma Budhaya yang dipimpinnya bekerjasama dengan Koperasi Karyawan Ambarrukmo Palace Hotel mendirikan Yayasan Pendidikan Karya Sejahtera yang menaungi Akademi Pariwisata AMPTA  yang mana beliau pernah menjabat sebagai Direktur.
Kalau boleh dibilang sebagai dedikasi dan hobi, beliau juga membantu kelahiran Akademi Pariwisata "AKPRAM" dan Sekolah Menengah Kejuruan (Pariwisata) di Boyolali.


Untuk memperjuangkan dan melancarkan cita-citanya membina insan-insan pariwisata, beliaupun banyak bergaul dan bekerjasama dengan pimpinan hotel-hotel, melalui kegiatan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), IAPINDO (Ikatan Ahli Perhotelan Indonesia), HILDIKTIPARI (Himpunan Lembaga Pendidikan Pariwisata Indonesia) dan berbagai forum yang berkaitan dengan pendidikan pariwisata. Bahkan dalam aktivitasnya juga diserahi penerbitan Majalah REGOL dalam rangka pensosialisasian Pariwisata  Sehat yang dicanangkan oleh Dinas Pariwisata Kota Madya Yogyakarta dan Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Demikian juga dalam sosialisasi pelayanan dan peningkatan kualitas karyawan hotel dan pedagang kaki lima Malioboro, beliau  menjadi tangan kanan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. 


Purwanto Sumarto Putro ,S.Sos,SH,MSi,MPar. adalah manusia pembelajar. Sebagai manusia pembelajar yang tidak pernah berhenti belajar, beliau telah menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar akademik S.Sos. dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik  Kartika Bangsa - Yogyakarta, Sarjana Hukum dari UNS Surakarta, M.Si Sosiologi dari Isipol UGM, M.Par. dari STIEPARI Semarang. Untuk seminar dan lokakarya tak terhitung lagi sudah berapa banyak yang diikuti dan jumlah sertifikat yang dimiliki.
Beliau telah menerapkan belajar seumur hidup, tidak untuk mencari kerja tapi untuk meningkatkan wawasan, memperluas pergaulan dan membangkitkan semangat belajar anak didiknya.
Kami menunggu pengendali Akademi Pariwisata AKPARDA sekualitas beliau bahkan bila memungkinkan lebih. 

0 komentar:

Posting Komentar